Rabu, 16 Oktober 2013

profil komunitas

KOMUNITAS MANUSIA BATU TAMAN FATAHILLAH
Sejarah singkat
1. Manusia Batu atau Manusia Patung biasa disebut juga Patung Hidup adalah seseorang yang berdandan dengan menggunakan pewarna diseluruh bagian tubuhnya mulai dari kepala hingga kaki dan berpose layaknya sebuah patung,telah diperkenalkan oleh kelompok seniman pertunjukan sirkus yang sering melakukan perjalanan melintasi negara diberbagai belahan dunia pada abad 19,dan kini hampir setiap negara benua Amerika,Asia,Australia dan khususnya negara negara di benua Eropa telah banyak seniman Manusia Patung di tempat pariwisata sebagai bagian dari atraksi seni untuk menambah daya tarik pengunjung pariwisata.
2. Seniman manusia patung di Indonesia cenderung hanya menggunakan kostum yang kurang memiliki tema tentang sejarah dan kebudayaan indonesia,maka ketika Idris memperkenalkan atraksi seni di Taman Fatahillah halaman Museum Sejarah Jakarta sebagai Manusia Batu dengan karakter Tokoh Pejuang Indonesia ternyata telah memberi kesan yang unik dan menarik wisatawan serta dijadikan objek foto bersama dengan latar belakang meriam,museum dan gedung tua lainnya.
3. Karena seringnya Manusia Batu Pejuang dijadikan objek berita diberbagai media elektronik,cetak juga media online.dan ternyata minat kunjungan wisatawan ke Kota Tua Jakarta semakin bertambah,wisatawan penasaran ingin menyaksikan langsung dan berfoto bersama Manusia Batu.
4. Seiring berjalan waktu ada beberapa orang telah mengikuti jejak Idris untuk menjadi manusia patung di Taman Fatahillah,sehingga terlihat pemandangan yang berbeda di halaman Museum Sejarah Jakarta karena adanya 10 Manusia Patung yang beraneka warna dengan berbagai karakter tokoh tokoh sejarah dan perjuangan Indonesia.
5. Lalu kemudian semua Manusia Patung di Taman Fatahillah dipanggil oleh UPK Kota Tua dan disarankan untuk bersatu agar terlihat rapi dan tertib.
6. Maka ketika LWG DMO Kota Tua menyatukan para Manusia Patung,pada Tgl 1 April 2013 terbentuklah persatuan Manusia Patung dengan nama KOMUNITAS MANUSIA BATU TAMAN FATAHILLAH yang beranggotakan 10 orang.

Visi :

Memperkenalkan sejarah dan kebudayaan Indonesia melalui patung hidup

Misi :

1. Menambah daya tarik wisata di Taman Fatahillah Kota Tua Jakarta,dengan adanya patung hidup yang dapat dijadikan objek foto bersama yang latar belakangnya meriam,museum dan gedung tua lainnya.
2. Mengingatkan sejarah dan kebudayaan indonesia kepada wisatawan lokal maupun luar negeri.
3. Mendukung kebijakan Sapta Pesona di bidang pariwisata yaitu Keamanan,Ketertiban,kebersihan,Kesejukan,Keindahan,Keramahan dan Kenangan di kawasan wisata Taman Fatahillah Kota Tua Jakarta.
4.  Menjalin hubungan baik dan kerja sama dengan para pihak pemangku kepentingan untuk kemajuan tata kelola destinasi wisata Kota Tua Jakarta.
5.  Meningkatkan seni peran yang bertema sejarah dan kebudayaan Indonesia melalui Patung Hidup di kawasan wisata Taman Fatahillah Kota Tua Jakarta,dan selalu memunculkan kreatifitas agar dapat memberikan kenangan dan kepuasan wisatawan yang berfoto bersama.
6. Mengadakan pertunjukan :
  -Diorama perjuangan
  -Parade/kirab menggunakan alat drumband
  -Festival Manusia Patung yang bertemakan sejarah Indonesia

TATA TERTIB ANGGOTA
KOMUNITAS MANUSIA BATU TAMAN FATAHILLAH

1. Jumlah anggota Manusia Patung di Taman Fatahillah hanya 10 orang
2. Waktu tampil  Senin – Jumat                            08.00 – 18.00 wib
                           Sabtu, Minggu & Hari Besar      07.00 – 18.00 wib
3. Setiap anggota diharuskan istirahat ketika mendengar adzan Zuhur dan adzan Ashar.
4. Setiap anggota satu dengan yang lainnya harus mengenakan kostum berbeda dan mempunyai karakter yang kuat
5. Setiap anggota wajib mengumpulkan iuran setiap hari sabtu Rp 10.000 dan hari minggu Rp 15.000. Uang tersebut akan diberikan untuk petugas kebersihan Taman Fatahillah, pembeliaan alat alat kebersihan serta untuk uang kas komunitas, penggunaan uang kas ditentukan oleh pengurus atas masukan anggota untuk kepentingan bersama
6. Setiap anggota menghadiri pertemuan bulanan yang waktu dan tempatnya ditentukan oleh pengurus
7. Setiap anggota diharuskan peduli akan kebersihan tempatnya berdiri, dengan membersihkan jarak 10 meter ke depan dan belakang.
8. Setiap anggota diharuskan menggunakan papan nama identitas karakter.

KEGIATAN RUTIN MANUSIA BATU

1. Setiap hari tampil berdiri dan berpose menjadi patung di Taman Fatahillah,kepada setiap anggota yang bisa hadir.
2. Setiap hari sabtu dan minggu jam 12.30 – 13.00 anggota Komunitas Manusia Batu mengadakan aksi kampanye kebersihan yang dibantu oleh Paguyuban Sepeda Onthel Wisata Kota Tua dengan menyapu bersama area Taman Fatahillah.
3. Setiap 2 minggu sekali anggota Komunitas Manusia Batu membersihkan saluran air (got) yang ada di depan Museum Sejarah Jakarta.
4. Dijadwalkan setiap 1 bulan sekali Komunitas Manusia Batu menampilkan aksi parade/kirab Tempo Doeloe berkeliling Kota Tua yang digagas oleh Karang Taruna Rw 06 Kelurahan Pinangsia dan dibantu oleh Paguyuban Sepeda Onthel Wisata Kota Tua serta Group Tanjidor Museum Bank Mandiri.
5. Selalu siap membantu apabila ada kegiatan kegiatan yang sifatnya sosial,gotong royong dan untuk kebersihan serta kenyamanan area Taman Fatahillah.


DAFTAR NAMA ANGGOTA
KOMUNITAS MANUSIA BATU TAMAN FATAHILLAH

1. IDRIS        (ketua)                                     
Karakter   : Pejuang 45    

2. DARYANTO
Karakter   : Petani pejuang

3. RIZAL  HIDAYAT
Karakter   : Opas Kompeni

4. SUGENG RIYADI
Karakter   : Rakyat jelata,Vampir China

5. ROMI AGUS BUDIYANTO
Karakter   : Tentara Mainan

6. AGUS SUPRIYANTO
Karakter   : Si Pitung,Red Devil

7. MUHAMMAD IQBAL HASAN
Karakter   : Bung Hatta

8. SOPIAH
Karakter   : Nonie Belanda

9. MUDI
Karakter   : Jenderal Soedirman

10. SAHMAL
Karakter   : Bung Karno,Polisi Pink



10 komentar:

  1. mas minta no tlp.. mohon di sms ke 088809407372

    BalasHapus
  2. mas minta no telp yang bisa di hubungi lebih lanjut
    saya dari lampung
    tlg sms k no 082179926886

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Selamat pagi, saya Rara, sedang mencari manusia patung untuk acara trans 7. Saya butuh 20 orang. Acara tgl 31-05-2015. Mohon hub saya bila berkenan. 081311302675.

    BalasHapus
  5. selamat malam, pak idris saya ingin mendirikan manusia batu juga di museum kereta api ambarawa.

    saya ingin mengetahui alat dan cat apa yang digunakan untuk tubuh dan juga badan. serta kira-kira berapa harganya? mohon di informasikan ke narraclusive at gmail.com

    BalasHapus
  6. mas sy sudah sms permintaan ke nomor yg saya dapat dr twitter, mohon direspon ya mas
    Terima kasih

    BalasHapus
  7. Mas ada email komunitas gak ato nomor telepon? Hub saya atau sms 081288647521

    BalasHapus
  8. Maaf baru bisa balas.. kontak saya idris hp/ wa 081808343585
    Terimakasih

    BalasHapus
  9. Mas saya mau pake jasa manusia patung boleh tau contactnya?

    BalasHapus
  10. Bisa minta tlp nya pak? Tolong di WA ke 081385877227 untuk Kegiatan di Bekasi tanggal 9 November

    BalasHapus